Senin, 29 Februari 2016

Rumah Anno 1925 Menjadi Bagian Arsitektur Lokal Budaya


Penataan kawasan Piere Tendean sebagai kawasan tradisional di Banjarmasin yang telah ditetaplan dengan SK Walikota Tahun 2012 menjadi kawasan wisata District Heritage Point di pusat Kota Banjarmasin. Pengembangan kawasan ini secara perlahan dan pasti telah ditata untuk penataan kawasan wisata cultural yang berkesinambungan, sehingga bangunan tua Rumah Anno 1925 menjadi bagian arsitektur lokal budaya yang direvitalisasi sebagai wajah kota bertema heritage arsitektur budaya banjar.
Bangunan Rumah Anno 1925 ini telah melalui proses identifikasi fungsi dan signifikasi bangunan. Tujuannya adalah menyelesaikan masalah perlindungan bangunan bersejarah yang akan direvitalisasi sebagai proses pengelolaan suatu tempat hingga terjaga signifikasi budayanya. Penyelesaian masalah tersebut telah diobservasi melalui review studi kelayakan pada tahun anggaran 2012.
Berdasarkan hasil studi kelayakan tersebut dapat disimpulkan bahwa kondisi bangunan Rumah Anno 1925 tidak terlepas dari cacat bangunan yang merupakan implikasi kegagalan atau kelemahan fungsi terhadap kondisi bangunan akibat masa atau umur bangunan dari segi kualitas material bahan bangunan yang digunakan seperti kayu ulin yang rentan sekali mengalami degradasi kekuatan.
Sehingga identifikasi awal yang telah diketahui tingkat kerusakan diinventarisasi secara detail, sebagai acuan prioritas perbaikan dan pemeliharaan pada bangunan renovasi tersebut. Identifikasi melalui program kegiatan review studi kelayakan menjadi tolak ukur penentuan penanganan bangunan tersebut untuk direvitalisasi lebih lanjut.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar